Sabtu, 31 Mei 2014

Donor Darah hari pertama


Assalammualaikum Wr. Wb.
SIAMO!!!!
Salam jumpa sobat Siamo. Hari ini tanggal 20 Mei 2014 KSR PMI UNIT PGSD UPP TEGAL FIP UNNES bekerjasama dengan PMI Kota Tegal menyelenggarakan donor darah pertama kali setelah terbentuk kepengurusan yang baru. Donor darah di adakan dua hari yaitu pada tanggal 20-21 Mei 2014 di Kampus PGSD UPP TEGAL FIP UNNES. Acaranya alhamdulillah berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti. Iya langsung saja ya teman, donor darah pada hari Selasa tanggal 20 Mei 2014 dimulai pukul 09.00 WIB lebih sedikit di ruang A5-111. Tetapi sebelum itu para panitia sudah terlebih dahulu bersiap- siap sejak pukul 07.30 WIB. Mengapa demikian? Hal itu wajib dilakukan supaya pas waktu acara sudah di mulai tidak keteteran mempersiapkan segala sesuatunya. Ketua panitia (REZA) mulai memandu sie perkap untuk mempersiapkan ruangan. Ruangan yang semula merupakan ruang kuliah itu di rubah menjadi ruang donor darah. Kursi- kursi yang ada di dalam ruangan di keluarkan dan di tata rapi guna sebagai tempat duduk para pendonor. Tidak lupa sie perkap juga mempersiapkan kasur di luar ruangan untuk antisipasi jika ada pendonor yang pinsan setelah mendonorkan darahnya. Sie perkap di bantu sie yang lain juga menata meja dan kursi di ruang 111 guna untuk tempat pendaftaran. Setelah selesai sekitar pukul 08.30 WIB sie konsumsi menyediakan snack untuk para sie-sie yang telah capek menata ruangan. Tak lama mereka makan sekitar pukul 09.00 WIB Petugas donor darah dari PMI datang dan segera panitia donor darah KSR UNNES bersiap membantu petugas PMI menata perlengkapan yang di perlukan. Meraka saling membantu menurunkan barang- barang dari mobil PMI dan di turunkan kemudian ditata di ruang yang telah di persiapkan. Tak perlu menunggu lama setelah selesai mempersiapkan barang- barang para pendonor mulai datang mendaftarkan dirinya untuk mendonorkan darahnya.
Para mahasiswa sangat antusias dengan acara donor darah. Mereka berlomba-lomba untuk membantu yang membutuhkan darah dengan mendonorkan darahnya. Sekitar pukul 10.05 sie konsumsi memberikan snack kepada petugas PMI. Sambil menikmati snack yang telah disuguhkan para petugas PMI tetap melakukan tugasnya ada yang bertugas mengecek Hb dan tekanan darah, ada yang bertugas membungkus makanan, ada yang bertugas memanggil pendonor, dan tidak lupa ada yang mencucus pembuluh pendonor untuk di ambil darahnya. Pada jam 11.30 WIB tiba- tiba pendonor yang bernama Erni Andriani dari rombel 2C pinsan setelah mendonorkan darahnya. Wajahnya pucat sekali dan kemudian di bopong oleh saudara Pradika dari rombel 4E menuju kasur yang telah disediakan oleh panitia. Kemudian mendapat penanganan dari petugas PMI dantak lama kemudia Si Erni pun siuman. Ini adalah salah satu hal yang wajar dalam donor darah jadi tidak perlu khawatir ya.
Oke lanjut saja sekitar pukul 12.05 Bu Umi selaku pembina KSR PGSD UPP TEGAL FIP UNNES datang meninjau prosesi donor darah. Beliau akan mendonorkan darahnya tetapi karena petugas PMI sudah memberesi barang- barangnya beliau tidak jadi mendonor. Yah sayang ya,,, tetapi tidak apa-apa besok daftar ya bu? Dan harus donor ya? Oke sekitar pukul 12.30 petugas PMI bersiap memasukkan barang- barangnya ke dalam mobil PMI dan tepat pukul 13.04 PMI pergi dari Kampus PGSD UNNES UPP TEGAL. Panitiapun mulai membersihkan tempat yang telah digunakan tadi dan memasukkan kursi-kursi ke dalam ruang 111. Alhamdulillah acara donor darah yang pertama berjalan dengan lancar. Semoga acara donor darah hari kedua berjalan dengan lancar juga. Amin.

By: Ike Yana Sari (4C/sie dokumentasi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar