Jumat, 15 Maret 2013

DEKLARASI Demam Berdarah


SIAMO!!
Do you know, Apa sih Demam Berdarah itu ?? 

Naah, mari kita kupas tuntas setajam pisau  mengenai Demam Berdarah. Pada hari  Jumat, 8 Maret 2013 rombongan anak – anak KSR PMI unit sub PGSD UPP Tegal menghadiri acara di Bale Kota Tegal tentang Deklarasi Pemberantasan Nyamuk demam berdarah bersama  Dinas Kesehatan. Acara tersebut bertemakan “Pemberantasan nyamuk demam berdarah hari ini, esok, dan selamanya”.
Deklarasi dibacakan oleh berwakilan berbagai instansi yang ada di Kota Tegal, mulai dari Dinas Kesehatan, sekolah-sekolah, hingga relawan kesehatan, termasuk komandan KSR PGSD UPP Tegal, kak Pandu Trio Utomo, juga mewakili KSR PMI sebagai pembaca deklarasi.
Kata Bapak Kepala Dinas Kesehatan,  daerah yang rawan terkena Demam Berdarah yaitu Desa sumur panggang dikarenakan penduduk disana masih belum banyak yang mengetahui tentang cara pencegahan demam berdarah tersebut.
Demam berdarah atau lebih tepatnya disebut demam berdarah dengue adalah penyakit infeksi yang sangat berbahaya bila tidak segera mendapat penanganan dan pengobatan karena bisa  menyebabkan kematian dalam waktu yang relative sangat singkat. Bila jaman dulu penyakit demam berdarah ini hanya menyerang balita dan anak-anak, tidak demkian halnya dengan saat ini. Sekarang penyakit demam berdarah bisa menyerang semua umur, baik anak maupun dewasa. Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang tergolong sebagai sejenis virus arbovirus yang masuk ke dalam tubuh manusia  melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti betina. Nyamuk jenis ini menyimpan virus dengue di dalam telurnya yang selanjutnya virus tersebut bisa ditularkan ke orang melalui gigitannya.

Karena penyakit demam berdarah ini disebarkan oleh nyamuk, maka hal terpenting yang harus kita lakukan untuk mencegah penyakit demam berdarah adalah memerantas sarang nyamuk. Jenis nyamuk Aedes Aegypti ini  bersarang di air bersih, seperti air minum burung, air di bak mandi, dll oleh karena itu orang jawa mengatakan nyamuk ini seperti “nyamuk priyayi” karena hidupnya di tempat – tempat bersih. Pencegahan penyakit demam berdarah ini bisa dilakukan dengan pemberian Abate yang sangat  diharuskan  bagi wilayah yang banyak terdapat air menggenang . menggunakan obat nyamuk / lotion anti nyamuk juga disarankan terlebih saat kita berada di luar rumah. Selain itu, menjaga kebersihan lingkungan dengan “3M” yaitu menguras, menutup dan mengubur wajib dilakukan selain untuk menghindari penyakit  demam berdarah juga  untuk menghindari penyakit – penyakit yang lain.
Sepertinya kita harus undur diri dulu nih, semoga cuplikan diatas bisa bermanfaat buat semua, dan semoga Negara kita ini terhindar dari penyakit berbahaya yang satu ini dan jangan lupa jaga kebersihan dan lakukan 3M.
Hatur nuwun.  Hasta la Vista !





By: Dian Anugraheni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar