Senin, 08 April 2013

Latihan Rutin 2 --BHD--



Latihan rutin atau yang biasa anak-anak KSR singkat dengan nama larut dilaksanakan kembali pada hari Minggu tanggal 07 April 2013 di tempat biasa yaitu Aula Asrama PGSD UPP Tegal. Larut dimulai pukul 01.30 siang  yaitu presensi sampai dengan pukul 02.00 siang. Setelah acara presensi panitia menyuruh seluruh anggota KSR untuk melaksanakan apel. Apel dilaksanakan di belakang Asrama tepatnya di parkiran motor atau mobil, meski begitu acara yang diiringi dengan gerimis tapi acara tetap berlanjut tanpa didampingi seorang Koordinator dan wakil Koordinator itu dikarenakan beliau ada urusan masing- masing. Petugas upacara dari divisi Kesejahteraan dengan pemimpin pleton Novi Diah Indriani, pemimpin upacara Nur Hafidh Ramadhan, Elis Nurhayaningsih sebagai pembaca 7 Prinsip Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, Yulita Mawar sebagai pembaca Prinsip Dasar Perguruan Tinggi Negri, Septi sebagai Pembaca Do’a, Desyana Firmanti sebagai Drigen, dan Pembinanya adalah Bendahara yaitu Titik.
Apel sekitar 30 menit setelah itu acara dilanjutkan dengan penyampaian Materi sekaligus prakteknya mengenai Bantuan Hidup Dasar (BHD) oleh Mas Alex. Dalam penyampaian materi kenapa diikuti dengan praktek sekaligus ini di karenakan supaya kita sebagai anggota KSR yang nantinya akan terjun ke masyarakat bisa membantu secara langsung bukan hanya teori belaka. Dalam hal itu kita dituntut bisa melakukan secara langsung karena itu berhubungan dengan penyelamatan nyawa seseorang. Pemateri memberikan materi sampai pukul 04.00 sore kemudian acara di lakukan dengan jamuan seadanya sekitar 15 menit. Setelah proses pembelajaran tentang BHD selesai acara selanjutnya adalah apel penutupan yang dilaksanakan di tempat yang sama dan petugas yang sama pula.
Akhirnya jan 04.30 sore lebih acara selesai dan para peserta larutpun pulang ke rumah/ kos/ asrama masing-masing. Tetapi yang menjadi panitia larut seperti biasa yaitu melakukan intropeksi tentang acara yang telah berlangsung. Sekian
By: Ike Yana Sari       

1 komentar: