Selasa, 09 April 2013

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)



Pada hari minggu, 07 April 2013 KSR kembali melaksanakan kegiatan PSN(Pemberantasan Sarang Nyamuk), jadi kegiatan ini sudah dilaksanakan untuk kedua kalinya. Kegiatan PSN sangat bermanfaat bagi kesehatan di lingkungan sekitar kita, karena dengan melakukan kegiatan PSN kita dapat mengetahui rumah-rumah mana saja yang terdapat jentik-jentik nyamuk dan kita bisa langsung memberi sosialisasi kepada warga tentang bagaimana cara mencegah nyamuk-nyamuk itu berkembang biak.
 Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 pagi. Sebelumnya, para anggota KSR berkumpul di mako(Markas Komando) untuk membahas pembagian wilayah yang akan dituju. Setelah semua sudah jelas dengan pembagian wilayahnya, para anggotapun berangkat menuju RW 03 sebagai tempat tujuan dengan berjalan kaki. Meskipun pada saat itu cuaca di Tegal sedang mendung dan gerimis, anggota KSR tetap semangat dan suka ria untuk melaksanakan kegiatan PSN.
Kali ini, PSN di laksanakan di kawasan RW 03 Kemandungan. Di RW 03 ini terdapat tiga RT. Di RT 01 dan 02 merupakan daerah pemukiman biasa dan RT 03 merupakan daerah perumahan elit, yaitu perumahan Taman Sejahtera.  Sekitar pukul 09.30 kita sampai di rumah ketua RT 02. Disana kita bertemu dengan ibu- ibu kader yang akan membantu kita untuk  mensurvei rumah-rumah warga RT 01, 02 dan 03. Bersama ibu-ibu kader anggota KSR dibagi menjadi 3 kelompok dan setiap kelompok di damping oleh satu kader.

Setelah sudah ada kesepakatan antara anggota KSR dan kader, kemudian kita semua berpencar menuju daerah tujuan masing-masing. Pada saat mensurvey rumah-rumah warga ada 2 orang yang masuk untuk mendeteksi apakah ada jentik-jentik nyamuk di dalam dan disekitar rumah tersebut. Tidak sedikit ditemukan jentik-jentik nyamuk di dalam rumah, misalnya di tempayan dan bak mandi. Saat kita menemukan adanya jentik-jentik nyamuk di rumah warga, kita langsung memberitahukan bahwa di dalam rumah warga tersebut terdapat jentik-jentik nyamuk dan di sarankan untuk selalu menjaga kebersihan di dalam dan di luar rumah. Setelah kita memberi sosialisasi kepada pemilik rumah, kita memberikan Abate untuk memberantas jentik-jentik nyamuk.
Sekitar pukul 11.30, setelah rumah-rumah warga di survey semua anggota KSR dan kader kembali ke rumah ketua RT 02 tempat pertama kali kita berkumpul. Disana kita melepas lelah setelah memutari rumah warga RT 01, 02 dan 03. Disaat kita berkumpul sambil memakan makanan yang disediakan oleh ibu RT, kita bercerita bagaimana perjuangan susah gampangnya memasuki rumah-rumah warga dan tentang banyaknya jentik-jentik nyamuk yang kita temukan. Setelah semua data dari rumah-rumah warga yang di survey terkumpul, data-data itu di rekap dan disimpan  oleh ibu kader.
Setelah semua data selesai di rekap, anggota KSR memutuskan berpamitan untuk kembali ke rumah masing-masing karena hari sudah siang dan turun hujan. Semangat anggota KSR yang mengikuti kegiatan PSN sangat tinggi dan perlu diacungi jempol, meskipun mereka lelah meraka tetap menghadiri latihan rutin yang diadakan pukul 14.00 dengan penuh semangat. J

By : Rizki Palupi

1 komentar: